Selasa, 01 Oktober 2013

Start Terburuk MU Di Premier League Musim Ini

Premier League baru berjalan enam pertandingan tetapi sang juara bertahan Manchester United sudah kalah tiga kali. Ini start terburuk MU sejak 1989/90 meski belum ketahuan bagaimana finis MU musim ini dibandingkan dengan catatan 23 tahun lalu itu. 
Di bawah arahan David Moyes yang masuk menggantikan manajer legendaris Sir Alex Ferguson sejak musim panas lalu, 'Setan Merah' memulai usahanya mempertahankan gelar juara dengan tidak meyakinkan. Dari enam laga MU cuma bisa meraih 7 poin berkat dua kemenangan, satu kali imbang, dan tiga kekalahan, untuk duduk di posisi 12 klasemen sementara Liga Primer.
Dari catatan Opta, MU disebut tidak pernah mampu menjuarai kompetisi kasta teratas liga, Divisi Satu atau Premier League, ketika sudah kalah minimal tiga kali atau lebih, di enam pertandingan awal. Sebagai tambahan, dalam lima musim terakhir tim yang menjuarai Premier League umumnya cuma menelan empat atau lima kekalahan dalam satu musim. Satu-satunya pengecualian di periode ini adalah pada musim 2009-10 ketika Chelsea tampil jadi juara dengan enam kekalahan.
Bercermin dari hal itu, ditambah fakta bahwa musim masih menyisakan 32 laga lagi, peluang MU mempertahankan gelar juara liga di atas kertas memang masih ada. Tetapi secara realistis tentu saja terus-menerus menang, dengan batas toleransi setidaknya menelan tiga kekalahan lagi, bukan perkara gampang.
Apalagi setelah kalah dari Liverpool (0-1) dan Manchester City (1-4)--plus kekalahan mengejutkan 1-2 atas West Brom, MU di paruh pertama musim ini pun masih harus menghadapi tim rival berat seperti Arsenal (10 November) dan Tottenham Hotspur (1 Desember). Itu mengapa Metro menyebut bahwa para rumah judi kini cuma menempatkan MU di posisi empat dalam persaingan berebut gelar juara. Untuk berebut tiket Liga Champions pun MU diprediksi mesti bersaing ketat dengan Spurs.
Namun demikian, angka dan statistik ini tak lantas menyurutkan semangat para pemain MU. Itu setidaknya tercermin dari komentar salah satu pemain bertahannya.

Performa MU 23 Tahun Lalu

Start buruk MU saat ini merupakan yang terburuk sejak 23 tahun lalu, alias musim 1989-90. Saat itu, catat Wikipedia, MU yang ditangani Ferguson mengawali musim dengan oke menyusul kemenangan 4-1 atas juara bertahan Arsenal di laga pembuka liga. Namun, situasi dengan cepat berubah.
Pada bulan September MU menelan kekalahan tandang memalukan lawan Manchester City dengan skor 1-5. Pada titik itu MU sedang menjalani periode buruk dengan melewati delapan laga untuk menuai enam kekalahan dan dua hasil imbang.
Ini membuat banyak suporter dan jurnalis yang waktu itu langsung meminta Ferguson untuk dipecat atas dasar hasil-hasil buruk tersebut dan juga kenyataan bahwa sejak datang ke Old Trafford pada 6 November 1986 ia belum juga mampu mempersembahkan satu gelar pun buat MU.
Setelah tuntas semusim penuh, MU harus puas finis di posisi 13 klasemen liga dengan 48 poin, atau berjarak lima angka saja dari zona degradasi. Total ada 16 kekalahan yang dialami MU saat itu. Namun, musim ini juga ditandai MU dengan piala usai menjuarai Piala FA. Untuk Fergie itu adalah trofi pertama, dari total 38 gelar juara, darinya untuk 'The Red Devils'.

0 komentar:

Posting Komentar